Kegunaan lintah hitam hirudo medicinalis

Lintah adalah hewan air yang kerap kali kita jumpai pada daerah seperti rawa, danau, dan juga sungai. Hewan ini mempunyai ciri dengan warna tubuhnya yang hitam kecoklatan, serta bentuk tubuhnya yang ikal, dan jalannya dengan merayap. Hewan ini tergolong hewan hermafrodit, dia mampu berjodoh tanpa mengenal jenis kelamin. Selain itu hewan ini juga dapat bertelur dan melahirkan anak dalam jumlah yang banyak.

Lintah hitam sering juga disebut dengan obat Eropa, karena dia sering digunakan untuk pengobatan dengan memanfaatkan gigitannya. Ketika dia menggigit dia akan mengeluarkan beberapa zat serta protein yang berguna untuk memperlancar aliran darah. Beberapa zat yang dikeluarkan ketika lintah menggigit adalah hirudin, histamint, trhombin, hyaluronidase, kolagen, dan nitric oxide, semua kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan dan terutama adalah zat hirudin. Hirudin sangat berguna untuk mencegah kematian jaringan serta melancarkan jaringan darah yang membeku. Zat ini sangat berguna bagi penderita diabetes, karena dapat memperlancar peredaran darah serta mencegah penyumbatan serta kematian jaringan saraf.


kegunaan lintah hitam


Selain itu kandungan yang berguna dan sering dicari cari adalah kolagen, kolagen berguna untuk perawatan kulit. Senyawa ini sering dicari cari para produsen kosmetik perawatan kulit untuk digunakan sebagai campuran bahan pembutan produk kosmetik perawatan kulit. Karena kolagen yang dimiliki lintah berguna untuk mencegah tanda tanda penuaan secara alami dan tidak berbahaya.

Selain itu kandungan yang paling terkenal lainnya adalah zat Nitric oxide, zat ini paling dicari cari kaum pria karena kegunaanya untuk mengencangkan otot otot yang kendor. Biasanya mereka menggunakan minyak lintah intuk terapi kejantanan. Yaitu dengan cara mengoleskan minyak lintah pada alat vital dan kemudian dilakukan pengurutan, biasanya dalam beberapa hari apabila dilakukan secara rutin alat vital yang mereka miliki akan semakin kencang dan sehat.

Saat ini minyak lintah yang paling populer akan khasiatnya adalah minyak lintah hitam Papua, sehingga banyak para pria yang memburu minyak lintah tersebut untuk keperluan masalah kejantanan. Minyak lintah papua adalah minyak lintah yang diambil dari lintah jenis hirudo medicinalis atau biasa disebut dengan lintah hitam. Dinamakan dengan minyak lintah asli papua karena minyak tersebut diambil dari hewan lintah yang ada dikawasan Papua indonesia.

Selain untuk keperkasaan, untuk melancarkan aliran darah dan untuk pembuatan kosmetik, lintah hitam juga bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka. Lintah hitam mempunyai kandungan zat thrombin, zat ini juga sering dikeluarkan lintah setelah menggigit mangsanya, hal tersebut bertujuan untuk menghentikan darah setelah digigit. Zat ini juga berguna untuk menghentikan darah serta mempercepat penyembuhan luka akibat gigitan lintah. Untuk itulah hewan lintah memeliki kandungan yang komplit ketika menggigit mangsanya. Yaitu penghilang rasa sakit, pelancar darah, dan penyembuhan luka.

Kerap kali hewan lintah hanya dianggap hewan biasa saja, namun ternyata hewan ini memiliki segudang manfaat yang belum semua orang mengetahuinya. Dan semoga dengan artikel diatas semua orang menjadi tahu bahwa hewan lintah mempunyai banyak kegunaan bagi kehidupan manusia.

artikel menarik lainnya: manfaat sayur kangkung

Komentar

Postingan Populer