Memanfaatkan polybag untuk menanam bawang merah

Polybag adalah sebuah wadah yang dapat digunakan untuk menanam apa saja, tak terkecuali adalah bawang merah. Banyak beberapa kelebihan yang bisa kita dapatkan jika kita menanam pada polybag, diantaranya harga yang relatif terjangkau, bisa dipindah pindah, dan dapat digunakan berulang kali.

Apa saja dapat ditanam pada wadah yang satu ini, dan tak terkecuali adalah bawang merah. Bawang merah merupakan jenis tanaman yang biasa digunakan untuk bumbu masak yang wajib ada, karena tanpa bawang merah masakan akan terasa kurang sedap. Untuk itu bawang merah memiliki peran penting dalam hal menyedapkan masakan. Bawang merah umumnya ditanam diareal persawahan dengan tanah yang kering gembur, pasalnya jika terdapat endapan air maka bawang merah yang masih didalam tanah mudah terserang ulat sehingga mudah membusuk. Untuk itu dalam menanam bawang merah kita mesti membuatkan tempat yang agak tinggi supaya tidak tergenang air.

Dan bagi anda yang berkeinginan bercocok tanam namun tidak mempunyai sawah atau lahan maka polibag dapat anda gunakan untuk mengganti areal persawahan, karena dengan polybag kita dapat menanam apa saja dan dimana saja. Dan disini kita akan mengambil contoh bercocok tanam bawah merah dengan polybag yang akan ditempatkan di teras rumah kita.


cara menanam bawang merah dipolybag


Pertama tanam siapkan polybag, bawang merah secukupnya, dan tanah. Langkah pertama setelah kita sudah memilih tanah yang gembur adalah memasukkan tanah tersebut pada polybag. Masukkan tanah kedalam polybag, padatkan namun jagan terlalu padat.

Setelah tanah sudah siap maka selanjutnya adalah persiapan proses penanaman, disini apabila bibit bawang merah yang akan anda tanam belum tua atau berumur sekitar 2 bulan maka perlu dilakukan pemotongan diujungnya. Potong ujung bawang merah kurang lebih setengah CM, hal ini bertujuan agar cepat keluar tunas bawang merah. Dan setelah proses pemotongan selesai maka sudah bisa ditanam.

Tanam bibit bawang merah pada tanah polybag yang sudah disediakan, 1 polybag bisa diisi dengan 2-3 bibit bawang merah (jika ukuran polybag besar). Namun jika ukuran polybag kecil maka cukup 1 bibit bawang merah saja. Tanam bawang merah dengan jarak jangan terlalu dekat, agar jika nanti bawang merah berbuah supaya tidak saling berdesakan.

Dan setelah bawang merah ditanam maka tiap hari perlu kita siram, namun dengan air secukupnya saja dan pastikan air tidak menggenang pada wadah polybag. Jadi sebelumnya lubangi bagian bawah polybag.  Dan setelah itu kita juga perlu memberinya pupuk ketika berumur 1 bulan, rawat bawang merah seperti biasa hingga berumur sekitar 2 bulan lebih. Dan jika sudah berumur 2 bulan lebih maka siap untuk dipanen. Ciri bawang merah yang sudah dapat dipanen adalah daunnya yang sudah mulai merebahkan ke tanah.

Nha itulah cara mudah menan bawang merah dipolybag. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Baca juga: cara beternak kenari



Komentar

Postingan Populer