Cara beternak kenari yang sederhana

Kenari adalah burung asli dari pulau canary, burung ini adalah jenis burung pipit atau pemakan bijian. Saat ini burung kenari sudah banyak dibudidayakan di Indonesia, ya karena burung ini termasuk burung yang mempunyai suara merdu sehingga banyak pecinta burung yang menyukainya.

Di Indonesia burung ini sudah banyak yang membudidayakannya, selain mudah untuk dibudidayakan burung ini juga mudah dalam perawatanny sehingga banyak pecinta burung yang sering mengoleksi burung kenari. Ada berbagai jenis burung kenari yang biasa dipelihara oleh para pecinta burung diindonesia, mulai dari jenis kenari lokal hingga jenis kenari yorkshire.

cara beternak kenari


Dari jenis kenari tersebut yang paling sering dijadikan masteran untuk kontes perlombaan biasanya jenis kenari yorkshire, karena suaranya yang lantang dan merdu. Selain itu kenari jenis ini juga punya nilai jual tinggi. Apapun jenis kenarinya tetap saja cara menernaknya sama, dan bagi anda yang ingin mencoba beternak kenari. Berikut ini cara akan saya berikan informasi singkat tentang cara beternak kenari.

Hal pertama ketika beternak kenari anda harus menentukan terlebih dulu ingin memulainya dari anakan atau siap kawin, dengan begitu anda akan lebih mudah melakukan langkah langkah selanjutnya setelah membeli kenari yang ingin anda ternak. Dan disini saya akan mengambil contoh cara beternak kenari yang dimulai dari anakan.

Jika anda ingin beternak kenari dari anakan bisanya umur kenari pas anda beli berumur sekitar 2-3 bulan, setelah kenari anda dapatkan maka anda perlu merawatnya seperti merawat burung pada umumnya. Perawatan kenari setiap harinya anda harus menjemurnya di pagi hari dan memberinya pakan bijian seperti biasa. Pemberian pakan kita lakukan dipagi hari dengan porsi yang secukupnya, hal ini bertujuan supaya kenari tidak kegemukan.

Dan jika sudah kenari tersebut sudah menginjak umur 6 bulan maka sudah siap untuk bereproduksi. Ketika saat itu terjadi maka yang harus dilakukan adalah mendekatkan antara kenari jantan dengan kenari betina setiap hari hingga mereka berjodoh. Dekatkan dari pagi hingga mereka tidur, dan untuk mengetahui jika kedua kenari tersebut berjodoh adalah dengan melihatnya. Jika keduanya terlihat sering tidur berdekatan dan juga saling meloloh maka mereka siap untuk disatukan.

Dan jika tanda tanda tersebut sudah terlihat maka saatnya untuk meyatukan kedua kenari. Ketika menyatukan kenari dapat kita lakukan pada pagi hari atau disore hari. Masukkan kenari jantan pada sangkar kenari betina, ketika itu amatilah keduanya.   Dan jika keduanya saling serang seperti berkelahi sampai salah satu burung terlihat bulunya tercabut maka ambil lagi kenari jantan dari sangkar betina. Ulangi lagi dengan mendekatkan setiap hari lagi hingga keduanua terlihat saling meloloh lagi.

Namun jika pas disatukan keduanya terlihat akur atau malah saling meloloh maka biarkanlah hingga terjadi proses persalinan. Dan jika anda melihat mereka melakukan proses perkawinan maka biarkan dulu hingga kenari kawin 2-3 kali, dan setelah itu ambil kenari jantan masukkan ke sangkar lain. Besoknya lagi lakukan langkah langkah diatas hingga kenari mulai bertelur, dan jika kenari betina sudah bertelur hingga 3 butir maka langkah selanjutnya adalah dengan memisahkan keduanya. Jauhkan kenari jantan dari kenari betina, hal ini bertujuan supaya kenari jantan tidak mengganggu kenari betina yang mengerami telurnya.

Taruh sangkar kenari betina jauh dari lalu lalang orang, biarkan kenari betina mengerami telurnya f Ngan tenang. Saat kenari bertelur pemberian pakan dan minum juga mesti kita lakukan setiap hari sekali saja dipagi hari. Dan setelah berselang sekitar 2 Minggu biasanya telur mulai menetas. Ketika telur sudah menetas maka pakan yang harus kita berikan harus bernutrisi seperti telur puyuh dan juga sayuran, biarkan anakan kenari bersama induknya hingga anakan tersebut mulai bisa makan sendiri, dan jika anakan sudah mulai bisa makan sendiri maka induknya dapat kita pisahkan agar mulai beristirahat dan setelah istirahat sekitar 1 bulan bisa kita jodohkan lagi.

Demikian informasi sederhana beternak kenari, jika anda belum pernah beternak kenari maka artikel diatas dapat anda jadikan gambaran ketika sudah mulai menernaknya. Terimakasih

baca juga manfaat lintah hitam hirudo

Komentar

Postingan Populer