Manfaat sayur kankung yang perlu anda tahu

Semua orang pasti kenal dengan sayur yang satu ini, sayur kangkung adalah sayur hijau yang kerap kali diolah menjadi masakan dengan berbagai jenis. Sayur yang satu ini merupakan sayur yang banyak orang menyukainya disukai, tidak peduli orang yang tinggal diperkotaan ataupun dipedesaan pasti banyak yang gemar sayur kankung.

Kangkung adalah sayur hijau yang mempunyai nama latin Ipomoea aquatica Forsk. Sayur ini masuk dalam kategori tanaman yang kerap kali dijadikan masakan. Kankung banyak tumbuh diberbagai negara, akan tetapi banyak ditemui dikawasan Asia dan yang paling banyak ditemui Indonesia. Tanaman ini bisa dengan mudah ditanam dimana saja, baik itu tempat berair ataupun ditanah gembur. Akan tetapi kankung gampang hidup didaerah yang banyak airnya.

manfaat sayur kangkung


Tahukah anda bahwa dibalik rasanya yang enak jika dimasak ternyata kankung juga baik untuk kesehatan lho.  Perlu anda ketahui bahwa kankung  mengandung serat tamin A, vitamin B1, vitamin C, lemak, karbohidrat, zat besi, protein, kalsium dan fosfor. Dari kandungan yang dimilikinya tersebut sangat baik untuk kesehatan seseorang, dan berikut ini manfaat sayur kankung untuk kesehatan.

Membuat kantuk

Khasiat dari sayur kankung yang pertama adalah membuat kantuk seseorang. Perlu anda ketahui bahwa sayur yang satu ini mengandung beberapa kandungan yang dapat memicu seseorang mengantuk. Mungkin bagi seseorang yang sedang beraktifitas, kandungan tersebut dapat menggnggu aktifitasnya karena dapat membuat kantuk. Namun bagi seseorang yang mengidap insomnia hal ini sangat membantu, pasalnya dapat membuat kantuk.

Mencegah Penyakit Sariawan

Khasiat sayur kankung selanjutnya adalah untuk mencegah dan mengatasi sariawan, sayur kankung memiliki kandungan vitamin C yang banyak. Seperti yang kita tahu bahwa vitamin C berkhasiat dalam hal menjaga kesehatan gusi dan mulut. Tidak hanya itu saja, ternyata sayur kankung juga memiliki kandungan antiseptik yang bemanfaat sebagai pencegah masalah gusi masalah gusi. Untuk itulah mengkonsumsi sayur ini secara teratur dapat mencegah sariawan dan masalah gusi.

Mengurangi Nyeri Haid

Manfaat atau khasiat sayur kankung selanjutnya adalah untuk mengurangi nyeri haid. Bagi seorang perempuan hal ini sangatlah membantunya disaat haid sedang terjadi. Pasalnya disaat haid seorang perempuan akan merasakan nyeri, dengan mengkonsumsi sayur yang satu ini ketika haid dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang sedang terjadi.

Pengontrol Darah

Manfaat sayur Kangkung yang keempat adalah sebagai pengontrol darah. Sayur kankung memiliki beberapa kandungan zat/senyawa yang dapat mencegah terjadinya pembekuan darah pada pembuluh darah.

Mencegah Bau Mulut


Selain berguna untuk mencegah sariawan ternyata sayur kankung juga berkhasiat mencegah bau mulut. Pada sayur kankung terkandung minyak esensial yang manfaat sebagai penghilang bau tak sedap karena sisa dari makanan yang dimakan. Untuk itulah apabila kita makan ikan asin atau yang lain yang dapat membuat bau tidak sedap maka dapat dicamour dengan sayur yang satu ini supaya tidak bau ikan asin tersebut.

Untuk Kesehatan Mata

Sayur kangkung memiliki vitamin A. Diman kandungan Vitamin A ini bermanfaat untuk kesehatan mata, untuk itu kankung bisa kita konsumsi setiap hari guna menjaga kesehatan mata kita.

Menjaga Kualitas Otak

Perlu anda ketahui jika sayur ini memiliki kandungan zat omega 3, dan pasti tanpa  ditanyakan anda pasti sudah tahu apa manfaat dari zat tersebut. Ya zat omega 3 berguna untuk menambah kecerdasan otak, untuk itu mengkonsumsi sayur kankung secara rutin dipercaya bisa menjaga daya ingat kita.
Tekan kene

Mencegah Penyakit Kolestrol

Mengkonsumi sayur kankung secara rutin dipercaya dapat mencegah kolestrol jahat, seperti yang kita tahu bahwa kolestrol jahat dapat menyebabkan beberapa penyakit yang mematikan. Untuk itulah kita harus menjalani pola hidup sehat dengan berolahraga, istirahat teratur dan tentunya menghindari makanan yang mengandung banyak kolesterol, dan kita juga bisa makan sayur kankung secara rutin agar dapat mengontrol kolestrol jahat.

Melancarkan asi
Bagi ibu yang sedang dalam kondisi menyusui tentu saja sayur sayuran sangat baik untuk melancarkan ASI. Sayur kankung juga bisa menjadi pilihan anda agar ASI bisa keluar dengan lancar. Selain itu sayur ini juga berguna untuk memperlancar buang air seni.

Tidak hanya enak untuk dimakan saja, ternyata didalam sayur kangkung juga tersimpan berbagai kandungan yang bermanfaat untuk untuk kesehatan tubuh seseorang. Cukup sekian dan semoga bisa menambah ilmu pengetahuan

baca juga: apakah ikan itu tidur

Komentar

Postingan Populer